Sesuai dengan pedoman kurikulum Program Studi S-1 Bisnis Digital, profil lulusan merupakan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi. Dengan adanya profil lulusan, maka perguruan tinggi dalam hal ini Program Studi dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswanya akan bisa berperan menjadi apa saja setelah menjalani semua proses pembelajaran di Program Studinya. Berkembangnya industri digital dalam beberapa tahun terakhir membuka lapangan pekerjaan baru dibidang-bidang yang terkait dengan Start-up and Digitalization, Data Science, dan Geo-Business. Lulusan Bisnis Digital dapat menjadi Technopreneur, digital marketing, data analyst, SEO specialist, dan business development, hingga startup. Adapun profil lulusan Program Studi S1 Bisnis Digital Universitas dr. Soebandi adalah:
- Start-up Founder
- Digital Business Consultant
- Digital Business Researcher
- Digital Marketing Consultant
- Digital Product Analyst
- Data Scientist
- Geo-Business Analyst
Mata kuliah penunjang sebagai berikut :
– Pengembangan Kepribadian Nasional dan Institusional
– Data Keahlian Manajemen
– Dasar Keahlian Teknologi Informasi
– Keahlian lanjutan yang meliputi:
1) Start-up dan Perencanaan Bisnis
2) Business Intelligent
3) Business Analitycs and Big Data
4) GIS for Business
5) dan lain sebagainya
Lulusan S-1 Bisnis Digital memiliki prospek karir yang sangat luas seiring dengan pesatnya transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi digital. Berikut adalah daftar peluang karir sesuai tren dan kebutuhan pasar di Indonesia:
Wirausaha
Membangun bisnis digital secara mandiri (Jasa pengelolaan Media Sosial untuk bisnis atau iklan online berbayar untuk UMKM, reseller produk lokal secara online, konten kreator, jasa pembuatan website atau toko online, bisnis filiasi, online course, desain konten visual)
– Product Manager (pengembangan produk digital)
– Digital Marketing Specialist (promosi layanan finansial melalui platform digital)
– Data Analyst (penggunaan data untuk strategi bisnis perusahaan)
– E-Commerce Specialist (mengelola toko online dan optimasi penjualan online)
– Supply Chain Analyst (optimasi logistik dan manajemen rantai pasok perusahaan)
– Digital Strategist (Membantu perusahaan tradisional untuk transformasi digital)
– Social Media Manager (mengelola konten brand di media sosial)